MAKSIMALKAN POSYANDU BALITA DENGAN REFRESHING KADER PUSKESMAS PARAKAN TAHUN 2020

Ditulis pada Rabu, 29 Jan 2020 oleh: Puskesmas

PARAKAN – Kader kesehatan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat, karena mereka lah yang paling dekat dengan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dilakukan sendiri oleh masyarakat tersebut akan memberikan feedback yang positif dari masyarakat itu sendiri.

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Untuk mencapai kondisi tersebut diperlukan upaya pemberdayaan dengan salah bentuk konkrit adalah dengan pembinaan/refreshing kader.

   

 

Puskesmas Parakan melaksanakan kegiatan Refreshing Kader Posyandu, bertempat di Starsa Food Court Parakan, Rabu (29/01/2020). Kegiatan ini mengundang 54 kader Posyandu perwakilan dari tiap Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Parakan.

Acara diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara dari Puskesmas Parakan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Puskesmas Parakan. Dalam sambutannya, Didik Ponco Budiantoro,SKM selaku Kepala Puskesmas Parakan menghimbau agar semua kader tetap menjaga lingkungannya agar tidak terjadi penularan Demam Berdarah Dengue (DBD). Kader diharap dapat menggerakkan masyarakat untuk rutin melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) minimal seminggu sekali. Beliau juga mengharap kerjasama yang baik tetap terjalin antara kader dengan Puskesmas dalam melaksanakan kegiatan kesehatan di tahun 2020 ini.

 

   

Materi pertama tentang Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) dan Garam Yodium disampaikan oleh Silvia Indriana,S.Gz selaku Petugas Gizi Puskesmas Parakan.

Materi selanjutnya tentang Demam Berdarah Dengue (DBD) disampaikan oleh Damar Prasetyo Wibowo, S.Kep,Ners selaku Petugas Surveilans Puskesmas Parakan.

Materi terakhir tentang PHBS Rumah Tangga disampaikan oleh Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Parakan. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian Iodine Test Kit kepada perwakilan dari tiap Posyandu.

Dengan dilaksanakannya pertemuan Refreshing Kader Posyandu ini diharapkan kader dapat memaksimalkan keberadaaan posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Selain itu, memacu motivasi dan semangat para kader dan juga tenaga kesehatan untuk bersinergi membangun masyarakat yang sehat. (IstuDa)

 

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita Nasional, KOMUNIKASI, TEMANGGUNG
Bagikan:

VAKSINASI COVID19 DOSIS KEDUA BAGI GURU PAUD/TK

Sesuai dengan jadwal vaksinasi dosis kedua pada Bapak dan Ibu Guru PAUD/TK di Wi

VAKSIN COVID 19 AMAN, SEJUMLAH TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA DIVAKSIN DI PUSKESMAS PARAKAN

TEMANGGUNG- Puskesmas Parakan melaksanakan vaksinasi Covid19 dengan sasaran toko

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI BLUD NON ASN PUSKESMAS PARAKAN TAHUN 2021

Berdasarkan seleksi administrasi, uji komputer, uji kompetensi, dan wawancara pe


Tinggalkan Komentar


Kabupaten Temanggung
PUSKESMAS PARAKAN
Jl. Kosasih Nomor 154 Parakan Kauman, Parakan, Temanggung Kode Pos 56254 Telepon/Fax (0293) 598249 email: pkmparakan@yahoo.co.id
Copyright © 2024