CEGAH MEREBAKNYA DEMAM BERDARAH, PUSKESMAS PARAKAN BERSAMA LINTAS SEKTORAL LAKUKAN FOGGING

Ditulis pada Selasa, 11 Agu 2020 oleh: Puskesmas

PARAKAN - Ditengah kekhawatiran pandemi covid-19, masyarakat harus tetap waspada dengan penyakit lain yang mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa. Salah satu penyakit yang masih perlu diwaspadai yaitu DBD. Oleh karena itu, Puskesmas Parakan melakukan fogging atau pengasapan dengan insektisida untuk membasmi nyamuk demam berdarah. Hal itu untuk mencegah penyebaran/penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Meskipun fogging tidak memutus mata rantai nyamuk penyebar DBD karena hanya membunuh nyamuk dewasa, namun diharapkan bisa meminimalisasi penyebaran. Kegiatan ini dilaksanakan setelah terjadi beberapa kasus demam dengue di dusun Jubug dan dusun Wanutengah.

Fogging dilakukan hari Selasa tanggal 11 Agustus 2020 di RSK dan dusun Jubug desa Wanutengah, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung. Puskesmas menggandeng beberapa pihak demi kelancaran kegiatan fogging ini, antara lain perangkat desa, Kecamatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Koramil, Polsek Parakan, dan dari pihak Rumah Sakit Kristen Parakan. Kegiatan dimulai dengan briefing oleh Bp.Kamsih, selaku Kasie Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, dilanjutkan dengan pelaksanaan fogging di dusun Jubug dan wilayah RSK. Fogging dimulai jam 06.00 WIB, dan selesai sekitar pukul 07.30 WIB.

Walaupun fogging telah dilaksanakan, namun tetap diperlukan dukungan,kerjasama, dan peran aktif dari seluruh warga masyarakat melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M Plus yaitu Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain; Menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; Mendaur/ menggunakan kembali  yang sudah tak terpakai Plus cara lain diantaranya menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dikuras dan dibersihkan. (Promkes Puskesmas Parakan)

   

 

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita Nasional, TEMANGGUNG
Bagikan:

VAKSIN COVID 19 AMAN, SEJUMLAH TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA DIVAKSIN DI PUSKESMAS PARAKAN

TEMANGGUNG- Puskesmas Parakan melaksanakan vaksinasi Covid19 dengan sasaran toko

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI BLUD NON ASN PUSKESMAS PARAKAN TAHUN 2021

Berdasarkan seleksi administrasi, uji komputer, uji kompetensi, dan wawancara pe

PENERIMAAN TENAGA BLUD PUSKESMAS PARAKAN TAHUN 2021

                      &n


Tinggalkan Komentar


Kabupaten Temanggung
PUSKESMAS PARAKAN
Jl. Kosasih Nomor 154 Parakan Kauman, Parakan, Temanggung Kode Pos 56254 Telepon/Fax (0293) 598249 email: pkmparakan@yahoo.co.id
Copyright © 2021