A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Filename: controllers/home.php

Line Number: 229

Basic Trauma And Cardiac Life Support Btcls Skill Keniscayaan Yang Harus Dimiliki Perawat - Berita - PUSKESMAS PARAKAN

BASIC TRAUMA AND CARDIAC LIFE SUPPORT (BTCLS), SKILL KENISCAYAAN YANG HARUS DIMILIKI PERAWAT

Ditulis pada Kamis, 02 Agu 2018 oleh: Puskesmas

Salah satu stage dalam Pelatihan BTCLS yaitu transportasi penderita gawat darurat

PARAKAN – Dalam upayanya untuk peningkatan mutu SDM, Puskesmas Parakan Kabupaten Temanggung baru-baru ini mengirimkan utusannya untuk mengikuti Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) atau sering disebut juga dengan Pelatihan Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) yang diselenggarakan di Akper Ngesti Waluyo Parakan yang bekerja sama dengan Pusbankes 118 Persi Cabang DIY. Pelatihan ini dilaksanakan dalam 2 gelombang. Gelombang pertama tanggal 18 – 22 Juli 2018 yang diikuti 40 peserta dan tanggal 25 – 29 Juli 2018 yang diikuti oleh 80 peserta. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir Akper Ngesti Waluyo Parakan dan Karyawan-Karyawati RS Ngesti Waluyo Parakan, Puskesmas Parakan, Puskesmas Jumo dan RS Ken Saras Semarang. Direktur Akper Ngesti Waluyo Parakan, Desak Putu Kristian, M.Kep, Ns, SpAn mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan institusinya. “Pelatihan ini kami selenggarakan rutin dan bekerjasama dengan Pusbankes 118 Persi Cabang DIY dan diikuti oleh mahasiswa kami dan dibuka untuk peserta umum yang berminat,” ungkapnya.

Puskesmas Parakan Kabupaten Temanggung dalam kesempatan ini mengirimkan 2 orang perawat untuk mengikuti pelatihan tersebut. Diharapkan dengan meningkatnya skill perawat dalam penanganan gawat darurat akan semakin memberikan pelayanan prima bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Parakan. Dengan kekuatan 6 orang perawat, merupakan kekuatan potensial dalam rangka penanganan  dan penanggulangan kegawatdaruratan yang terjadi. Penanganan pre-hospital atau bisa disebut dengan Bantuan Hidup Dasar sangat menentukan apakah penderita tersebut tertangani dengan baik sehingga tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. Pun demikian dengan penanganan di tempat rujukan, atau disebut dengan Bantuan Hidup Lanjut sama pentingnya, sehingga skill yang diperlukan harus selalu di-update dengan pelatihan per 5 tahun sekali.

Bukan hanya skill (psikomotor) saja yang diajarkan dalam pelatihan ini. Kognitif dan afektif juga menjadi tujuannya. Sehingga akan terbentuk pribadi yang kompeten, tanggap dan terampil dalam menangani kondisi emergency atau gawat darurat. Target kompetensi antara lain penguasaan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Initial Assessment, penatalaksanaan pasien dengan gangguan nafas, henti jantung, membaca EKG secara cepat dan tepat, stabilisasi dan transportasi penderita, terapi elektrik dengan alat defibrillator, triase, resusitasi jantung paru dan aspek legal keperawatan dalam kegawatdaruratan.  Juga diajarkan bagaimana cara menangani keadaan bencana alam dengan simulasi bencana dan penangannya.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan petugas juga dapat menyebarkan ilmunya ke masyarakat umum, karena kejadian kegawatdaruratan dapat terjadi dimana saja seperti di rumah, di tempat umum, di kantor, di sekolah. Dan penanganan pertama kali sangat menentukan keadaan penderita kedepannya. Sebagai rencana tindak lanjut dari pelatihan ini, akan disebarluaskan ke teman sejawat, masyarakat umum seperti para kader, pedagang yang ada disekitar Puskesmas, masyarakat kampung sekitar dan beberapa institusi lainnya. (damarpraswib01+)

Cetak: Kategori: Not categorized!
Bagikan:

VAKSINASI COVID19 DOSIS KEDUA BAGI GURU PAUD/TK

Sesuai dengan jadwal vaksinasi dosis kedua pada Bapak dan Ibu Guru PAUD/TK di Wi

VAKSIN COVID 19 AMAN, SEJUMLAH TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA DIVAKSIN DI PUSKESMAS PARAKAN

TEMANGGUNG- Puskesmas Parakan melaksanakan vaksinasi Covid19 dengan sasaran toko

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI BLUD NON ASN PUSKESMAS PARAKAN TAHUN 2021

Berdasarkan seleksi administrasi, uji komputer, uji kompetensi, dan wawancara pe


Kabupaten Temanggung
PUSKESMAS PARAKAN
Jl. Kosasih Nomor 154 Parakan Kauman, Parakan, Temanggung Kode Pos 56254 Telepon/Fax (0293) 598249 email: pkmparakan@yahoo.co.id
Copyright © 2024