BERLANGSUNG MERIAH, PENCANANGAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) PUSKESMAS PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM RANGKA MENYAMBUT HARI KESEHATAN NASIONAL KE-54

Ditulis pada Senin, 05 Nov 2018 oleh: Puskesmas

Senam Bersama dalam rangka pencanganan Germas Puskesmas Parakan

PARAKAN-Hari Kesehatan Nasional Ke-54 yang jatuh pada tanggal 12 November 2018 dimeriahkan dengan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) oleh Puskesmas Parakan Kabupaten Temanggung pada hari Sabtu Pon tanggal 20 Oktober 2018 di Parakan City Park yang lokasinya tepat di depan Puskesmas Parakan. Acara ini terselenggara atas kerjasama Puskesmas Parakan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung yang didukung oleh Kecamatan Parakan beserta instansi negeri maupun swasta dan individu yang mempunyai kepedulian besar terhadap peningkatan derajad kesehatan masyarakat.

Beberapa pendukung acara ini adalah Pegadaian Parakan, Cendana Giri Motor Temanggung, Bank Pasar, BKK Parakan, Didit Collection Muntung-Candiroto, Sarana Medika Magelang, Saba Indomedika Semarang, Bank Jateng Capem Parakan, Toko Arum, Kospin Jasa Parakan, Prodia, Apotik Waringin, PT PAM (kayu lapis), PT ASM (kayu lapis), RSK Ngesti Waluyo Parakan dan RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Juga menjadi pendukung lancarnya acara ini adalah Koramil Parakan, Polsek Parakan dan Banser Satkoryon Parakan yang membantu dalam pengamanan selama berlangsungnya acara. Dan acara ini ditayangkan secara eksklusif oleh TemanggungTV yang merupakan terobosan yang dilakukan Puskesmas Parakan dalam kampanye Germas ini. Damar Prasetyo Wibowo, S.Kep, Ns yang menjadi ketua panitia pagelaran ini mengungkapkan bahwa tingkat kepesertaan dari wilayah binaan Puskesmas Parakan yang mencakup 2 kelurahan dan 7 desa sangat tinggi. Terbukti dengan antusiasme mereka dalam mengikuti perlombaan yang diselenggarakan, yaitu lomba merangkai buah dan sayur serta senam Germas yang diikuti seluruh kelurahan dan desa. Bahkan beberapa diantara mereka melakukan gladi bersih sendiri di lokasi pagelaran acara tersebut. Dalam perlombaan ini, masih menurut Damar, lomba merangkai buah dan sayur diikuti oleh 2 kelurahan dan 7 desa dengan jumlah peserta setiap tim 3 orang, sedangkan lomba senam germas dengan jumlah peserta tiap tim 10 orang.

Acara diawali dengan senam massal yang diikuti oleh semua tamu undangan dan peserta dan dipimpin oleh tim guru senam yang profesional. Setelah senam, digelar parade budaya oleh SMK 17 Parakan, SD Negeri 1 Parakan Kauman, SMP Remaja Parakan dan koor dari Akper Ngesti Waluyo Parakan. Kemudian dilanjutkan dengan seremonial acara yang dipandu oleh Master of Ceremony berpengalaman yaitu Isnaeny Saidah, Am.Keb, Agus Purwoko, S.Kep, Ns dan Jaryono Ndandung.

Didik Ponco Budiantoro, SKM selaku Pimpinan BLUD Puskesmas Parakan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap panitia dan karyawan-karyawati Puskesmas Parakan yang telah bekerja baik dalam mempersiapkan dan melaksanakan acara ini serta kepada semua pihak yang mendukung berlangsungnya acara. Beliau juga mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada segenap sponsor yang telah dengan ikhlas mendukung acara ini. Masih menurut Didik, tingkat kepesertaan tiap wilayah binaan Puskesmas Parakan sungguh luar biasa sehingga perlu diadakan acara-acara yang memang bisa membuat masyarakat semakin bergairah dalam melaksanakan cara hidup sehat dalam peningkatan derajad kesehatan masyarakat itu sendiri.

Didik Eko Mardijono, SH, MSi selaku Sekretaris Kecamatan Parakan yang dalam hal ini mewakili Camat Parakan, dan didapuk menjadi pemateri mengungkapkan bahwa ada 3 fokus utama dari awal kampanye Germas, yaitu aktivitas fisik minimal 30 menit, banyak makan sayur dan buah serta rutin kontrol kesehatan ke fasilitas kesehatan. Aktivitas fisik dapat dilakukan di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di perjalanan, maupun di tempat umum. Salah satu contoh yang bisa dilaksanakan di tempat kerja adalah peregangan tubuh pada jam 09.00 dan 14.00. Sedangkan untuk konsumsi buah dan sayur bisa dengan menyajikan pada menu sehari-hari, baik di rumah, di sekolah maupun di tempat kerja serta membatasi makanan dengan kadar glikemik tinggi, garam dan minyak serta memperbanyak air putih. Dalam hal memeriksakan kesehatan secara rutin, masih menurut Didik, misalnya dengan cek tekanan darah, kadar gula dalam darah, kadar cholesterol, kadar trigliserid, asam urat, maupun tes darah lengkap, serta lingkar perut, tes IVA untuk deteksi dini kanker leher rahir serta periksa kesehatan yang lain yang mendukung untuk mengetahui secara dini anomali yang terjadi didalam tubuh.

dr. Suparjo, M.Kes yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung juga mengungkapkan hal senada. Beliau mengapresiasi kegiatan yang berlangsung meriah ini dan mengapresiasi para sponsor yang mendukung acara ini, karena kepedulian terhadap kesehatan bukan hanya merupakan tugas dari Puskesmas saja tapi merupakan tugas dari setiap elemen masyarakat. Sehingga memang seharusnya acara seperti ini didukung oleh banyak pihak, seperti yang terselenggara di Puskesmas Parakan. Dan konsep pencanangan ini akan dibawa ke tingkat kabupaten karena Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung terkesan dengan konsep acara yang diterapkan seperti kirap gunungan buah dan sayur yang diikuti seluruh karyawan-karyawati Puskesmas Parakan dan diiringi oleh narasi mengenai Germas. Rangkaian seremonial acara ini ditutup dengan pelepasan balon dan penandatanganan komitmen pelakasanaan Germas oleh segenap elemen masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Parakan Kabupaten Temanggung serta pertunjukan topeng ireng dari SMK 17 Parakan serta makan bersama dengan para undangan.

Pada kesempatan ini, Juara I Lomba Merangkai Buah dan Sayur diraih oleh Kelurahan Parakan Kauman, Juara II oleh Desa Caturanom dan Juara III oleh Desa Glapansari. Sedangkan Juara I Lomba Senam Germas diraih oleh Kelurahan Parakan Wetan, Juara II oleh Desa Wanutengah dan Juara III oleh Kelurahan Parakan Kauman. Masing-masing juara mendapatkan trophy beserta piagam dan uang pembinaan dari Puskesmas Parakan. (damarpraswib01+)

Cetak: Kategori: Berita Nasional
Bagikan:

VAKSINASI COVID19 DOSIS KEDUA BAGI GURU PAUD/TK

Sesuai dengan jadwal vaksinasi dosis kedua pada Bapak dan Ibu Guru PAUD/TK di Wi

VAKSIN COVID 19 AMAN, SEJUMLAH TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA DIVAKSIN DI PUSKESMAS PARAKAN

TEMANGGUNG- Puskesmas Parakan melaksanakan vaksinasi Covid19 dengan sasaran toko

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI BLUD NON ASN PUSKESMAS PARAKAN TAHUN 2021

Berdasarkan seleksi administrasi, uji komputer, uji kompetensi, dan wawancara pe


Kabupaten Temanggung
PUSKESMAS PARAKAN
Jl. Kosasih Nomor 154 Parakan Kauman, Parakan, Temanggung Kode Pos 56254 Telepon/Fax (0293) 598249 email: pkmparakan@yahoo.co.id
Copyright © 2024