INTEGRASI SOFTWARE PENDAFTARAN DENGAN SIMPUS, WUJUD MAKSIMALKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MEMPERCEPAT PELAYANAN PENDAFTARAN PUSKESMAS PARAKAN

Ditulis pada Sabtu, 09 Feb 2019 oleh: Puskesmas

Kunjungan Puskesmas Kandangan ke Puskesmas Parakan dalam rangka "kaji banding" software pendaftaran

 

PARAKAN – DPPA Puskesmas Parakan Tahun Anggaran 2018 membiayai integrasi software pendaftaran Puskesmas Parakan dengan SIMPUS, sehingga diharapkan bisa mempercepat pelayanan pendaftaran baik bagi pasien baru maupun pasien lama yang berkunjung. Hal ini dikarenakan jumlah kunjungan pasien Puskesmas Parakan cenderung naik dan tentunya membutuhkan terobosan untuk mempersingkat waktu pelayanan, salah satunya adalah di bagian pendaftaran. Selain di bagian pendaftaran, pada Tahun Anggaran 2018 ini juga dibuka formasi dokter umum dan telah terisi oleh dokter yang kompeten, sehingga waktu pelayanan bisa dipersingkat.

Integrasi software pendaftaran dengan SIMPUS ini didukung penuh oleh Kepala Puskesmas Parakan selaku Pimpinan BLUD Puskesmas Parakan sehingga program ini dapat terwujud. Dan terbukti, program ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dan dipresentasikan pada acara pertemuan kepala puskesmas se-Kabupaten Temanggung yang pada saat itu didampingi oleh semua Ketua Tim Mutu Puskesmas se-Kabupaten Temanggung. Banyak Puskesmas yang tertarik dengan program ini dan ingin mendapatkan informasi secara mendalam bagaimana cara kerja dan hasil dari program yang dijalankan oleh Puskesmas Parakan tersebut.

Beberapa puskesmas yang sudah “kaji banding” mengenai program ini adalah Puskesmas Kedu, PUskesmas Kandangan dan menyusul Puskesmas Kaloran dan Puskesmas Candiroto. Dan sangat dimungkinkan banyak puskesmas lain yang akan menyusul untuk “kaji banding” karena memang program ini sangat membantu kelancaran kinerja bagian pendaftaran.

Software ini ditujukan untuk mempersingkat waktu dengan cara mengurangi “tulis menulis” oleh petugas pendaftaran. Dengan sekali klik saja, maka data pasien akan muncul, cetak resep seketika itu juga dan cetak label indentitas pasien yang nantinya akan ditempelkan di Rekam Medis juga tercetak seketika itu juga. Peralatan yang dibutuhkan juga terbilang cukup standart, yaitu PC yang jumlahnya disesuiakan dengan kebutuhan, printer thermal untuk cetak label identitas pasien dan printer laserjet untuk cetak resep pasien. Sehingga petugas pendaftaran minimal dalam “menulis” karena sudah diambil alih oleh program tersebut dan secara otomatis akan mengurangi waktu tunggu pasien di bagian pendaftaran.

Dalam hal ini, bagian pendaftaran dan ruang periksa juga didukung oleh software dan hardware urutan pendaftaran secara komputerisasi sehingga mempunyai andil juga dalam kecepatan petugas memberikan pelayanan dan memberikan informasi yang jelas kepada pengunjung nomor urutannya sehingga tingkat “kecemasan” pasien dalam menunggu pendaftaran maupun pemeriksaan dapat diminimalisir. Juga memberikan informasi kira-kira pasien akan dilayani lagi berapa lama, sehingga pengunjung dapat memperkirakan waktu pelayanan bagi mereka.

Khusus untuk integrasi software pendaftaran dan SIMPUS ini tentunya memerlukan koneksi internet yang memadai, dan Puskesmas Parakan telah menginstall jaringan online dari Telkom yaitu Indihome dan jaringan online dari Diskominfo Kabupaten Temanggung yang dalam hal ini difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung khususnya Bidang SDK. Diharapkan dengan jaringan online ini dapat memberikan support yang optimal bagi terselenggaranya pelayanan Puskesmas Parakan secara paripurna kepada pengunjung, karena kita tahu terkadang ada hambatan dalam koneksi internet dan apabila dipasang dua jalur maka akan meminimalisir gangguan tersebut.

Didik Ponco Budiantoro, SKM selaku Pimpinan BLUD Puskesmas Parakan senantiasa mengedepankan pelayanan paripurna bagi pengunjung sehingga kedepan sudah mempunyai rencana-rencana yang “melibatkan” tehnologi informasi. Salah satunya adalah rintisan mesin pendaftaran online bagi peserta BPJS, sehingga pasien BPJS diharapkan bisa mendaftarkan diri ke Puskesmas Parakan melalui koneksi internet, yaitu menggunakan aplikasi BPJS Mobile di ponsel pintar yang kebanyakan berbasis Android. Program ini masih menunggu bridging antara SIMPUS dan P-Care BPJS yang sekarang ini masih diujicobakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung. Apabila proses bridging ini telah berhasil dan diterapkan di semua puskesmas se-Kabupaten Temanggung, diharapkan mesin pendaftaran peserta BPJS yang akan memeriksakan diri ke Puskesmas Parakan bisa segera terwujud, dan tentunya program ini telah masuk perencanaan pada DPA BLUD Puskesmas Parakan Tahun Anggaran 2019.

Dengan adanya sistem ini, diharapkan pengunjung BPJS yang membutuhkan pelayanan di Puskesmas Parakan tidak perlu berjubel antri di bagian pendaftaran dan bisa langsung menuju bagian ruang periksa mana yang dibutuhkan sehingga tentunya pelayanan di Puskesmas Parakan akan menjadi semakin cepat dan paripurna. Dengan beberapa program yang “melibatkan” teknologi informasi ini diharapkan Puskesmas Parakan paripurna dalam menjalankan tugasnya, yaitu melayani masyarakat di wilayah kerjanya dan masyarakat yang dilayani merapa puas dengan “beyond their imagination”. (damarpraswib01+)

Cetak: Kategori: Berita Nasional
Bagikan:

VAKSINASI COVID19 DOSIS KEDUA BAGI GURU PAUD/TK

Sesuai dengan jadwal vaksinasi dosis kedua pada Bapak dan Ibu Guru PAUD/TK di Wi

VAKSIN COVID 19 AMAN, SEJUMLAH TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA DIVAKSIN DI PUSKESMAS PARAKAN

TEMANGGUNG- Puskesmas Parakan melaksanakan vaksinasi Covid19 dengan sasaran toko

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI BLUD NON ASN PUSKESMAS PARAKAN TAHUN 2021

Berdasarkan seleksi administrasi, uji komputer, uji kompetensi, dan wawancara pe


Kabupaten Temanggung
PUSKESMAS PARAKAN
Jl. Kosasih Nomor 154 Parakan Kauman, Parakan, Temanggung Kode Pos 56254 Telepon/Fax (0293) 598249 email: pkmparakan@yahoo.co.id
Copyright © 2024